Slide background

BIDANG KEGIATAN USAHA

Koperasi Neo Mitra Usaha merupakan salah satu koperasi di Indonesia yang berbentuk koperasi primer nasional dan berjenis koperasi konsumsi, berdasarkan SK Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor : 000721/PAD/M.KUKM.2/VIII/2018 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga Koperasi Neo Mitra Usaha tertanggal 9 Agustus 2018. Dikarenakan bentuk Koperasi Neo Mitra Usaha adalah primer nasional, maka pembinaannya dilakukan langsung oleh pihak Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Sebagai koperasi berjenis konsumsi, Pengurus Koperasi Neo Mitra Usaha mengemban amanah yang tertuang dalam AD/ART Bab IV tentang Kegiatan Usaha hasil Rapat anggota Tahunan pada tanggal 8 Mei 2018 untuk menyelenggarakan usaha utama di bidang minimarket, toko kelontong, perdagangan sembako, supplier, leveransir, distributor, agen atau perwakilan segala macam barang dagangan baik secara ekspor maupun impor.

Untuk meningkatkan efektifitas dan daya saing usaha utama tersebut, maka Koperasi Neo Mitra Usaha melaksanakan kegiatan-kegiatan usaha pendukung seperti :

    • Kegiatan Usaha Jasa yang meliputi : edukasi dan pelatihan, tour wisata dan travelling, konveksi advertising dan percetakan, event organizer, transportasi, dll.
    • Kegiatan Usaha Produsen yang meliputi : pembuatan pupuk kompos dan hewan, pembuatan produk-produk home industri, pengolahan kelapa sawit dan karet, produksi obat-obatan herbal, dll.

Selain itu, Rapat Anggota Tahunan Koperasi Neo Mitra Usaha juga memberikan mandat kepada pengurus koperasi untuk membentuk dan menjalankan usaha tambahan berupa developer/perumahan rakyat, usaha pembibitan dan usaha peternakan.

 
 

Sesuai dengan UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, maka usaha yang dilakukan oleh Koperasi Neo Mitra Usaha terutama diarahkan pada bidang usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota baik untuk menunjang usaha maupun kesejahteraannya. Dalam hubungan ini maka pengelolaan usaha Koperasi Neo Mitra Usaha harus dilakukan secara produktif, efektif, dan efisien dalam arti koperasi harus mempunyai kemampuan mewujudkan pelayanan usaha yang dapat meningkatkan nilai tambah dan manfaat yang sebesar-besarnya pada anggota dengan tetap mempertimbangkan untuk memperoleh sisa hasil usaha yang wajar.

Untuk mencapai kemampuan usaha seperti tersebut di atas, maka Koperasi Neo Mitra Usaha dapat berusaha secara luwes baik ke hulu maupun ke hilir. Adapun mengenai pelaksanaan usaha Koperasi Neo Mitra Usaha, dapat dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun di luar negeri, dengan mempertimbangkan kelayakan usahanya.

Slide background