RAT Koperasi Neo Mitra Usaha Berlangsung Sukses

Koperasi Neo Mitra Usaha sukses menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-2 Tahun Tutup Buku 2018 di Ballroom Hotel Amaris Muara Bungo, pada hari Senin (29/04/2019) sebagai bentuk pertanggung-jawaban kinerja pengurus dan pengawas koperasi, yang disampaikan kepada seluruh perwakilan anggota pada rapat tersebut.

Acara diawali dengan seremonial pembukaan pada pukul 13.00 wib yang dihadiri oleh jajaran pegurus, pengawas, pembina serta perwakilan anggota Koperasi Neo Mitra Usaha. Turut pula hadir beberapa tamu undangan seperti Dra. Puji Martini, Kabid. Partisipasi Modal dan Usaha dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Bupati Tebo dalam hal ini diwakili oleh Soleh, S.ST selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tebo, Kepala Dinas PM-PTSP Koperasi dan UKM Kabupaten Tebo, Suhut, S.IP, M.Si.

Tampak beberapa kalangan ulama yang turut hadir dalam acara pembukaan RAT, seperti KH. M. Arif Jatmiko, Lc. M.S.I dari Semarang, jajaran PWNU Provinsi Jambi KH. Aminullah Amid (Ketua Tanfidziyah) dan KH. Rusli Ibrahim, KH. Mahfudz, KH. Rifa’i Ahmad, Ketua MUI Kabupaten Tebo.

Ketua Koperasi Neo Mitra Usaha, Ahmad Mudzakir dalam sambutannya menyampaikan bahwa RAT kali ini merupakan pelaksanaan pertanggung-jawaban kinerja pengurus dan pengawas koperasi untuk tahun buku 2018 serta penyampaian rencana kerja dan rencana pendapatan belanja koperasi untuk tahun 2019.

Dengan adanya penambahan jumlah anggota secara signifikan, peningkatan jumlah omset dan SHU selama kurun 2018 yang dibarengi dengan penambahan unit-unit usaha baru seperti Neo Shop (unit perdagangan non konsumsi), Neo Farm (pertanian dan peternakan), Neo Regency (perumahan rakyat), Neo Property (jasa interior, eksterior dan advertising), Neo Organizer (penyedia jasa organizer), dan Neo Tours and Travel (jasa reservasi dan pariwisata) merupakan serangkaian prestasi yang patut untuk dibanggakan bagi seluruh anggota Koperasi Neo Mitra Usaha, imbuh Ahmad Mudzakir.

Secara bergantian selain Kepala Dinas PM-PTSP Koperasi dan UKM Kabupaten Tebo, Suhut, S.IP, M.Si, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tebo Soleh, S.ST juga berkesempatan memberikan kata sambutan mewakili Bupati Tebo yang berhalangan hadir.

Suara tabuhan gong menjadi pertanda dibukanya secara resmi RAT Koperasi Neo Mitra Usaha yang dilakukan oleh Dra. Puji Martini, Kabid. Partisipasi Modal dan Usaha sebagai wakil dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang sebelumnya berpesan dalam sambutannya bahwa seluruh jajaran pengurus, pengawas, manajemen dan anggota Koperasi Neo Mitra Usaha harus semakin kompak dalam menjalankan roda usaha dan keorganisasian. Beliau berharap, kedepannya Koperasi Neo Mitra Usaha dapat menjadi contoh bagi koperasi-koperasi lain di Indonesia dan meraih target prestasi sebagai koperasi konsumsi terbaik di Indonesia.

Acara pembukaan RAT ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Tebo, KH. Rifa’i Ahmad.

Tepat pukul 14.30 wib, rapat pleno RAT resmi dibuka oleh pimpinan sidang yang dipandu oleh Nur Cholis, A.Ma dan Nur Alim selaku notulen rapat, diawali dengan pembahasan dan pengesahan tatib RAT serta kuorum rapat.

Dalam pemaparan rencana kerja serta rencana pendapatan dan belanja Koperasi Neo Mitra Usaha yang disampaikan oleh Ahmad Mudzakir menyatakan, “Telah beberapa tahun lamanya Koperasi Neo Mitra Usaha mengedepankan kekuatan teknologi dalam menjalankan roda organisasi dan usaha, kedepannya kami akan semakin meningkatkan peranan tersebut, sehingga koperasi ini nanti dapat menjadi batu loncatan seluruh masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan disegala lini di era milenial ini tanpa harus melupakan kearifan lokal yang dimiliki”.

Ia menambahkan, dalam kurun waktu 2019 nanti, Koperasi Neo Mitra Usaha akan menambah beberapa unit usaha baru dibidang penyiaran radio dan unit media massa berbasis online. Selain itu, penguatan unit usaha yang sudah ada seperti Neo Shop akan semakin ditingkatkan, dimana saat ini Koperasi Neo Mitra Usaha tengah mempersiapkan sebuah aplikasi belanja online yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Proses rapat pleno RAT berjalan dengan sukses dan lancar, hal tersebut ditandai dengan diterimanya penyampaian laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi oleh seluruh peserta secara bulat. RAT ditutup pukul 17.15 wib dengan disahkannya berita acara RAT dan penyerahan hasil rapat kepada pengurus untuk dijalankan dan dipertanggung-jawabkan kembali pada 2020 nanti.